Penyusunan Laporan Kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) Pelaksanaan Standar Mutu Periode Tahun Anggaran 2022 Direktorat Pendidikan Vokasi UMM

Kamis, 25 Mei 2023 00:00 WIB

AMI merupakan salah satu kegiatan evaluasi terhadap hasil implementasi standar mutu atau pemenuhan indikator kinerja oleh UPPS dan Prodi berdasarkan dokumen Standar Mutu dan Rencana Operasional UMM tahun anggaran 2022. Aktivitas AMI, melibatkan berbagai pihak, yakni tim Auditor, para pimpinan UPPS dan Prodi selaku Auditee, serta personil Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI).

AMI adalah proses pengujian yang sistematik, mandiri dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di perguruan tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. AMI merupakan salah satu langkah untuk mengetahui kesesuaian standar dengan pelaksanaan yang telah dilakukan pada berbagai aspek yang telah ditetapkan.

Direktorat Pendidikan Vokasi telah menyelenggarakan AMI 2023 pada 12 April 2023. Tim Auditor Internal melakukan verifikasi atau konfirmasi terhadap kesesuaian capaian dengan target capain mutu yang telah ditetapkan oleh UMM, khususnya terkait dengan capaian kinerja Tri Dharma di Prodi dan capaian target keseluruhan bidang mutu untuk kinerja UPPS.

Kegiatan AMI dihadiri oleh Bpk Dr. Ainur Rofieq, M.Kes selaku Kepala Badan Penjamin Mutu Internal (BPMI) Institusi dan tim yang terdiri dari Dr. Hari Windu Asrini, M.Si, Dr. Umiarso, M.PdI, Dr. Mohammad Syaifuddin, MM. Dihadiri pula oleh Ilham Pakaya S.T., M.Tr.T selaku observer Gugus Penjamin Mutu Internal (GPMI) Direktorat Vokasi. Selain itu, Direktur Vokasi di wakili oleh Ibu Dr. Sri Budi Cantika Yuli, SE., MM selaku sekretaris direktur Direktorat Vokasi, dan peserta yang hadir Ketua dan Sekretaris Program Studi D3 Keperawatan, Ketua dan Sekretaris D3 Perbankan dan Keuangan, Ketua Prodi D3 Teknologi Elektronika, Ketua Prodi D4 Bisnis Properti dan Ketua Prodi D4 Agribisnis Unggas, serta bapak ibu dosen di lingkungan Direktorat Pendidikan Vokasi UMM.

Acara dibuka oleh Ibu Dr. Sri Budi Cantika Yulia, SE., MM selaku Sekretaris Direktur Vokasi. Selanjutnya sambutan oleh Bpk Dr. Ainur Rofieq, M.Kes. selaku kepala (BPMI) Institusi UMM. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjaga mutu dan kualitas pendidikan Prodi dan Fakultas. Dengan begitu, mutu universitas juga bisa lebih baik serta dapat memperlancar Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Proses AMI dilakukan melalui dua kegiatan, yaitu audit kecukupan (desk audit) yang dilaksanakan pada tahun kerja 2022 dan menghasilkan laporan monitoring dan evaluasi (monev). Selanjutnya para-auditor melaksanakan audit lapangan (field audit) untuk memastikan monev yang telah disusun oleh direktorat dan prodi terbukti benar untuk selanjutnya dikonfirmasi secara bersama-bersama.

Kegiatan ini dimulai dari Perencanaan, Penetapan, Evaluasi, Peningkatan, Pengendalian hingga survei kepuasan terkontrol dan terintegrasi dengan baik sehingga mudah untuk dilaporkan, dinilai dan dianalisa. Pada akhir sesi disepakati terkait hasil capaian, temuan dan perbaikan yang direncanakan oleh direktorat dan prodi, dan dilanjutakan dengan penandatangan berita acara pelaksanaan audit yang dilakukan oleh auditor, pengelola direktorat, pengelola prodi, BPMI dan GPMI.

Semoga Direktorat Pendidikan Vokasi terus meningkatan kualitas pelaksanaan dan pengelolaan mutu hingga terakreditasi di tingkat Nasional dan Internasional.

Tanggal : 25 Mei 2023
Tempat : Direktorat Pendidikan Vokasi UMM

Shared: