15 Perusahaan Jepang Kunjungi Vokasi UMM, Membuka Peluang Pekerjaan Baru

Selasa, 18 Juli 2023 09:00 WIB

Senin (17/7/2023), Direktorat Vokasi UMM menyambut 15 perusahaan asal Provinsi Kochi, Jepang, yang fokus pada bidang konstruksi, agrikultur, medis dan lain-lain.

Acara diawali dengan mengunjungi Training Center OSTC Selnajaya yang berada di Rusunawa RS UMM. Wakil dari perusahaan Jepang melihat langsung bagaimana fasilitas, tenaga pengajar hingga sistem rekrutmen yang dilakukan kolaborasi antara PT OS Selnajaya dan Direktorat Vokasi UMM. Selanjutnya, para tamu mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) UMM. 

Pertemuan ini dilaksanakan di Kantor Rektorat Universitas Muhammadiyah Malang. Kedatangan perusahaan-perusahaan ini membuka lebar peluang kerja anak muda Indonesia ke Jepang. Sekretaris Direktur, Dr. Sri Budi Cantika Yuli, SE.,MM menyampaikan bahwa perusahaan-perusahaan ini melakukan penjajakan kerja sama untuk merekrut tenaga kerja dari Indonesia melalui Vokasi UMM. Dengan kerjasama ini, kata dia, tidak hanya bekerja, tapi juga membuka peluang skema lain seperti studi banding, magang, pertukaran mahasiswa D3 dan D4 Vokasi UMM.

Mr. Toru Horiike, Perwakilan perusahaan Jepang OS Selnajaya, menyampaikan bahwa 15 perusahaan yang melakukan kunjungan, sedang mengalami krisis tenaga kerja. Mereka mendengar OS Selnajaya menghasilakn banyak tenaga kerja berkualitas dari Indonesia. Vokasi UMM yang bekerja sama dengan OS Selnajaya telah memberangkatkan sekitar lebih dari 500 orang ke berbagai perusahaan di Jepang.

Kegiatan diakhiri dengan bemberian cindera mata dari perwakilan perusahaan Jepang kepada Sekretaris Direktur Vokasi UMM yang kemudian ditutup dengan makan siang bersama.

Shared: