Alumni Fisioterapi UMM Sukses Menjadi Diaspora di Jepang

Selasa, 01 Agustus 2023 09:00 WIB

Ardianeswari Putri Salifani (Dina) memiliki pengalaman pribadi bahwa, predikat cumlaude tidak menjamin mudah mendapatkan pekerjaan. Ia telah melamar pekerjaan di berbagai rumah sakit dan klinik fisioterapi, dan hasilnya nihil. Sebenarnya, Dina dapat melakukan pelayanan kesehatan sendiri, akan tetapi ia belum memiliki STR atau surat izin melakukan pelayanan kesehatan. Untuk melanjutkan pendidikan pun, belum ada biaya. Untuk memenuhi kebutuhan, Dina menunda mimpinya bekerja di industri kesehatan. Dina kemudian bekerja sebagai admin di sebuah pabrik kardus di Bekasi selama 3 bulan. Setelah kontrak kerjanya habis, Dina memutuskan pulang kampung dan bekerja sebagai tutor.

Lulusan terbaik kedua S1 jurusan Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tahun 2021 tersebut mendapat harapan karena mendapat informasi tentang Direktorat Pendidikan Vokasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ia mendapat informasi dari staf program studi fisioterapi bahwa Universitas Muhammadiyah Malang sedang menyelenggarakan program pelatihan perawat lanjut usia/Kaigo di Jepang. Tanpa pikir panjang, Dina langsung mendaftarkan diri.

Setelah lulus ujian SSW, Dina mendapat tawaran untuk mengikuti wawancara dari salah satu perusahaan fasilitas kesehatan lansia di Jepang tepatnya di Kagawa. Ia menyatakan bahwa tawaran pertama tersebut tidak lolos. Namun tidak lama dari itu, Dina mendapat tawaran yang kedua dan langsung diterima, ia dikontrak selama 3 tahun.

Dina bangga bisa berkesempatan berinteraksi dengan segala macam teknologi kedokteran di sana. Hal ini dapat memperkaya pengalamannya di bidang medis. Mesin "Kikai Nyuuyoku" misalnya, memudahkan pasien atau pengguna kursi roda untuk bergerak bahkan dapat dilakukan oleh seorang perawat tunggal sehingga pasien lumpuh dapat dengan aman mandi. Kini, Dina telah berhasil mewujudkan impiannya untuk bekerja di dunia kedokteran, juga di Jepang. Dengan gaji yang cukup menarik, mencapai Rp 16 juta per bulan.

Shared: