Kerjasama Vokasi UMM dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang, Buka Peluang Pemuda Kerja di Negeri Sakura

Sabtu, 17 Juni 2023 02:07 WIB

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktorat Pendidikan Vokasi UMM bertempat di Ruang Rapat Anusapati, Kantor Bupati Malang, pada Jumat (16/6/2023). Penandatangan MoU dilakukan oleh Sekretaris Direktur Vokasi UMM, Dr. Sri Budi Cantika Yuli, SE, MM, sedangkan dari pihak Disnaker Kabupaten Malang oleh Kepala Dinas (Kadisnaker), Drs. Yoyok Wardoyo, MM, dan disaksikan oleh Sekretais Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi yg dimiliki lulusan SMA sederajat agar dapat meningkatkan kualitas Sumberdaya Manusia di Kabupaten Malang dibidang ketenagakerjaan. Bentuk kerja sama ini adalah peluang kerja ke luar negeri bagi warga Kabupaten Malang. Lulusan SMA, MA, SMK sederajat yang ada di Kabupaten Malang bisa mengikuti program ini. 

Peserta yang mendaftar dalam program kerja ke luar negeri diwajibkan untuk mengikuti pelatihan bahasa Jepang dan peningkatan skill. Setelah dinyatakan lolos pelatihan, peserta akan diberangkatkan ke Jepang di bidang Kaigo (Perawat Lansia) dan Non-Kaigo di bidang Konstruksi, Pertanian, dan Hospitality.

 “Bulan Februari 2023 lalu kami memberangkatkan sekitar 122 orang. Dari jumlah tersebut, yang dari Kabupaten Malang ada sekitar 40-44 orang,” Ujar Sekretaris Direktur, Ibu Cantika. Dengan kerjasama ini diharapkan banyak pemuda dari Kabupaten Malang yang bisa menitih karir di Jepang dengan skill yang baik dan bisa mewujudkan Vokasi Diaspora.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Siti Aisyah Zunaeli (20), calon perawat lansia di Jepang asal Desa Sitirejo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Aisyah mengatakan dirinya sangat antusias karena telah mengikuti program pelatihan Bahasa Jepang sejak tahun 2022. Alumni SMK Negeri 11 Malang Jurusan Keperawatan tersebut nantinya akan menjadi perawat di sebuah panti lansia di Prefektur Hyogo. Ia akan berangkat ke Negeri Sakura di bulan November 2023 mendatang. (nz)

Shared: