Kuliah Tamu Prodi D4 Agribisnis Unggas tentang "Juleha" dan Butcher Go Internasional

Senin, 15 Januari 2024 10:38 WIB

Sabtu, 13 Januari 2023, Program Studi D4 Agribisnis Unggas mengundang narasumber yang memiliki profesi sebagai trainer Juru Sembelih Halal (JULEHA) dan Buthcer di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu, Kementerian Pertanian sekaligus Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pada kesempatan ini, Bapak Hardi S.ST.,MP menyampaikan peluang Juru Sembelih Halal (Juleha) dan butcher. 

Ali Mahmud S.Pt, M.Pt selaku Kaprodi Agribisnis Unggas Fakultas Vokasi UMM, menyampaikan bahwa tujuan dari kuliah tamu ini untuk memberikan informasi dan insight kepada mahasiswa bahwa juleha dan utcher memiliki potensi dan peluang kerja yang besar di Indonesia maupun di kancah internasional.

Vokasi UMM memberikan kewajiban kepada setiap prodi untuk membekali mahasiswanya dengan sertifikat legal yang diakui baik nasional atau internasional. Oleh karena itu, Prodi Agribisnis Unggas berusaha keras untuk mahasiswanya mampu terserap di dunia kerja maupun menjadi wirausaha tangguh. Mahasiswa Prodi Agribisnis Unggas dibekali dengan kemampuan untuk menjadi Juleha, karena juleha bergerak di bidang hilirisasi agribisnis unggas dan bersertifikasi nasional dna internasional.

Pada masyarakat awam, juleha diketahui sebagai pemotong daging halal. Mereka adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam menyembelih hewan sesuai prinsip halal  Islam. Sedangkan, butcher memiliki pengetahuan  mendalam tentang anatomi hewan, keterampilan memotong daging secara akurat, dan kepatuhan terhadap standar keamanan pangan. Mereka juga perlu memastikan bahwa daging yang dihasilkan memenuhi standar kebersihan dan keamanan yang ketat sesuai standar industri.

(nn)

Shared: